Angka Terduga HIV di Seluma meningkat Pertahun

Kabid P3 Dinkes Seluma

Seluma, kupasbengkulu.com Angka kasus terduga HIV di kabupaten Seluma meningkat pertahun. Hal itu berdasarkan hasil deteksi tim dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Seluma sejak satu tahun terakhir.
“Angka terduga semakin naik, itu ditandai dari yang kita duga ternyata benar positif,”kata Kabid Pencegahan dan Pemberantasan Penyakit Dinkes Seluma Ahmad Tavip diruang kerjanya Rabu (12/04/2017).
Dia mengatakan sulit mendeteksi penderita penyakit HIV terutama dibeberapa kecamatan Kabupaten ini, sebab banyak penderita penyakit HIV berobat ke Kota Bengkulu. Sisi lain pengidap penyakit ini harusnya dapat tertolong jika belum meningkat statusnya menjadi penyakit AIDS.
“Fenomena ini terjadi umpama gunung es, semakin dalam semakin tinggi. Pernah kita temukan di Kecamatan Ilir Talo, Semidang Alas Maras, Ulu Talo, Talo Kecil dan Kecamatan Talo. Daerah rawan di dekat Warem,”jelasnya.
Ditanya angka jumlah kasus yang terjadi, dia enggan berkomentar karena menurutnya hal itu dapat menjadi penderita penyakit semakin sulit mendapatkan pertolongan. Dia menyarankan agar penderita penyakit HIV segera berobat karena dibebaskan dari biaya apapun selama pengobatan.
“Virus itu masih bisa hambat agar tidak menyebar ke sekujur tubuh. Namun jika penyakit telah meningkat menjadi AIDS akan sulit untuk mendapatkan pertolongan,”tandasnya.
Diketahui sejak tahun 2015 kasus HIV di kabupaten Seluma tercatat sebanyak 15 kasus kemudian meningkat di tahun 2016 tercatat sebanyak 40 kasus sedangkan ditahun 2017 baru tercatat sebanyak 16 kasus.(sep)

Tidak ada kometar

Leave a Reply