BPBD Benteng Ingatkan Cuaca Ekstrem Waspada Pohon Tumbang

0
Kepala BPBD Kabupaten Benteng, Tomi Marisi,
Kepala BPBD Kabupaten Benteng, Tomi Marisi,

Bengkulu Tengah,Kupasbengkulu.com – Cuaca ekstream dan curah hujan yang cukup tinggi yang melanda Kabupaten Bengkulu Tengah, pada awal bulan Oktober ini membuat Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD),Kabupaten mengimbau kepada masyarakat untuk waspada terhadap pohon tumbang. Terutama bagi penggguna kendaraan bermotor yang tengah melintasi kawasan jalan lintas Kota Bengkulu-Kabupaten kepahiang, tepatnya di Kecamatan Taba Penanjung.

Kepala BPBD Kabupaten Benteng, Tomi Marisi, menjelaskan, kawaspadaan tersebut perlu dilakukan mengingat jalan tersebut berlokasi di sekitar kawasan hutan lindung yang memang terdapat pohon besar dan tinggi di sepanjang jalan.

“Saat ini cuaca di Kabupaten Benteng memang sedang tidak bersahabat. Sebab itu, saya meminta kepada masyarakat yang melintasi jalur pegunungan untuk selalu waspada, terutama bencana pohon tumbang yang seringkali terjadi secara tiba-tiba.

Masih Kata Tomi Marisi,hal ini sering terjadi bukan tanpa alasan. Selain tumbuh pada tebing yang terdapat diatas jalan, struktur tanah yang gembur juga menjadi salah satu faktur pemicu terjadinya bencana.

“Biasanya, pohon tumbang juga disertai dengan longsor. Hal ini seringkali terjadi saat hujan deras dan angin kencang melanda, terlebih lagi sesaat setelah musim kemarau. Sehingga berpotensi tinggi terjadinya bencana,” tambah Tomi.

Lebih lanjut Tomi menambahkan, mengantisipasi terjadinya bencana, pihaknya bekerjasama dengan pemerintah kecamatan dan kepolisian sektor (polsek) Taba Penanjung dalam hal memberikan informasi agar masyarakat juga bisa berpartisipasi. Jika terdapat bencana tanah longsor ataupun pohon tumbang yang membuat akses lalu lintas terganggu, segera laporkan. Sehingga kami bisa langsung menerjunkan sejumlah personel yang ada,” demikian Tomi.(adk)

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.