Cik Ben : UKW Tak Jamin Kualitas Jurnalis

Bengkulu, Kupasbengkulu.com – Uji Kompetensi Wartawan (UKW) yang dilakukan Dewan Pers tidak serta merta menjamin kualitas Jurnalis yang ada. Namun, harus diiringi dengan berbagai pelatihan Jurnalistik.

Demikian dikatakan Wartawan dan penulis senior, Benny Hakim Benardie yang akrab dipanggil cik Ben, menanggapi maraknya jurnalis diwajibkan ikut UKW, agar menjamin kualitas dan kredibilitas dalam berprofesi.

“Wartawan itu profesi, kalau profesi itu ya memang harus dilakukan secara profesional. UKW tidak menjamin itu, bila tidak iringi dengan berbagai pelatihan jurnalistik bagi setiap perusahaan pers yang ada”, jelasnya saat di temui di rumahnya kemarin (18/11/2017).

Benny juga mencontohkan, beberapa waktu lalu, nyatanya ada lembaga perusahaan pers yang dianggap melanggar kode etik jurnalistik yang nyatanya mereka sudah melakukan UKW bagi wartawannya.

Karena UKW itu merupakan salah satu syarat profesi wartawan, baiknya setiap perusahaan pers mengalokasikan dana, agar wartawannya ikut UKW dan berbagai pelatihan kewartawanan.

“Pelatihan itu penting, agar setiap wartawan mengerti dan dapat mengenal berbagai bentuk tulisan, hingga akhirnya dapat menulis essai dan menulis buku sesuai dengan kaedah-kaedah penulisan yang benar”, jelas Benny.(martin)

1 Komentar

  1. Author

    kupas bengkuluNovember 19, 2017 at 8:06 pmReply

    idupkanlah lagi kupasni, karena kupasbengkulu ini belum ada duanya di bengkulu

Leave a Reply