Hijazi Klaim Gelaran Festival Muharram 2016 Lebih Meriah

0
Pembukaan Festival Muharram
Pembukaan Festival Muharram

Rejanglebong, kupasbengkulu.com – Bupati Rejanglebong, Ahmad Hijazi mengatakan bahwa gelaran Festival Muharram di Rejanglebong tahun ini lebih meriah dari pada sebelumnya. Kegiatan tersebut hanya digelar selama empat hari, yakni dari Senin (10/10/2016) hingga Kamis (13/10/2016) mendatang. Hal itu dianggap lebih sederhana dibanding tahun sebelumnya yang digelar selama 10 hari.

“Sederhana tapi menyentuh, untuk apa gebyar wah, tapi tidak menyentuh masyarakat langsung,” tegas Hijazi, usai pembukaan acara.

Apalagi, lanjut Hijazi, tahun ini gelaran Festival Muharram sudah dihelat mulai tingkat desa/ kelurahan. Selanjutnya, digelar tingkat kecamatan hingga final di kabupaten. Bahkan, lanjutan dari tingkat kabupaten ini akan kembali digodok untuk disiapkan di tingkat provinsi. Dengan demikian, festival Tahun Baru Islam pada tahun ini sudah menyentuh langsung ke tingkat desa.

“Dengan kata lain, justru kita lebih meriah dari sebelumnya,” lanjut Hijazi.

Hijazi menambahkan, dirinya juga terharu dengan antusias masyarakat mengikuti pawai taaruf dan rangkaian acara lainnya. Dia sebelumnya memprediksi bahwa pawai akan diikuti sekitar 3.500 orang. Ternyata, lebih dari 5.000 orang yang mengikuti kegiatan tersebut.

“Selain itu, langit cerah selama rangkaian acara. Hal ini menunjukkan bahwa Allah juga meridhoi acara ini,” lanjut Hijazi.

Informasi terhimpun, beberapa mata lomba akan dipertandingkan dalam kegiatan tersebut. Beberapa di antaranya seperti tilawatil Quran, Pildacil, azan, dan lain-lain. Menurut Hijazi pihaknya akan menjaga kualitas perlombaan ini dengan memilih juri-juri yang kompeten. Juri tersebut bahkan sudah berjanji dengan nama Allah untuk memberikan yang terbaik.

“Bila mereka bohong atau curang, tentu dosa besar bagi mereka,” tegasnya.

Hijazi menambahkan, kegiatan ini digelar dalam rangka mendukung visi sebagai kabupaten relijius. Selain Tahun Baru Muharram, masih ada beberapa gelaran tahunan yang akan dihelat seperti Maulid Nabi, Isra Mi’raj, Idul Fitri, Idul Adha, juga Bulan Ramadhan. Selain event tahunan tersebut, Hijazi mengaku akan menggalakkan beberapa kegiatan lain yang berlaku harian dan bulanan demi mewujudkan visi ini. (vai)

Leave A Reply

Your email address will not be published.