KPI Pertanyakan Komitmen Kandidat Gubernur Soal Isu Perempuan

0

Diskusi yang digelar Koalisi Perempuan Indonesia (KPI), Bengkulu
Diskusi yang digelar Koalisi Perempuan Indonesia (KPI), Bengkulu

kupasbengkulu.com – Koalisi Perempuan Indonesia (KPI) Wilayah Bengkulu mempertanyakan visi dan misi pasangan Calon Gubernur Bengkulu, Ridwan Mukti-Rohidin Mersyah dan Sultan Bachtiar Najamuddin-Mujiono, bagi para kaum perempuan apabila berhasil memenangkan Pilkada nanti.

Sekretaris KPI Wilayah Bengkulu, Irna Riza Yuliastuty, mengatakan hal ini penting untuk ditekankan agar kaum perempuan mendapat jaminan sosial yang lebih baik di kemudian hari, seperti halnya dalam mendapatkan akses layanan kesehatan.

“Pilkada sudah semakin dekat. Namun kami belum melihat adanya komitmen jelas dari kedua kandidat. Yang kita dengar selama ini di media massa hanya komunitas A mendukung pasangan B, namun visi misinya terutama untuk kesejahteraan dan jaminan sosial belum dipahami penuh oleh masyarakat,” ujar Irna dalam acara “Mengawal visi dan misi pasangan calon kepala daerah dalam bingkai perlindungan sosial yang inklusif, transformative, dan berkeadilan gender”, Selasa (24/11/2015).

Menurutnya masalah jaminan perlindungan sosial merupakan hal yang amat penting. Berdasarkan survei KPI tahun 2014, tercatat sekitar 50 persen perempuan terutama perempuan miskin yang tinggal di pedesaan tidak mendapatkan akses pelayanan kesehatan yang maksimal. Malah, jaminan kesehatan tidak tepat sasaran karena kurangnya kontrol dari pemerintah.

“Kita ingin, setelah menang nanti misalnya akan ada aturan yang memberikan kesempatan bagi wanita baik yang sudah menikah atau belum, untuk mendapatkan layanan gratis pemeriksaan kanker servis, dan aturan lain yang mendukung keberadaan dan jaminan bagi kaum perempuan,” lanjutnya.

Menanggapi hal tersebut, kedua tim pemenangan pasangan calon gubernur Bengkulu yang hadir dalam acara tersebut menegaskan bahwa calon gubernur yang mereka dukung tentunya sudah menyiapkan visi dan misi yang jelas dan bermanfaat. Masalah jaminan sosial merupakan persoalan utama yang menjadi prioritas calon gubernur.

“Masalah jaminan sosial kesehatan menjadi salah satu prioritas pasangan Ridwan Mukti-Rohidin. Kita akan mulai dengan peningkatan layanan kesehatan terlebih yang berada di pedesaan. Pasangan RM tentunya juga berkomitmen memperbaiki infrastruktur, jalan, dan sarana prasarana lainnya,” ujar Mabroer MS, Manajer Media Center RM.

Hal senada disampaikan Nita, tim pemenangan pasangan Sultan-Mujiono. Dia mengaku pihaknya mempunyai komitmen kuat untuk mensejahterakan masyarakat.

“Sultan-Mujiono bertekad membangun Bengkulu di segala bidang dengan lebih baik,” tandasnya. (val)

Leave A Reply

Your email address will not be published.