Launching KIA, Bupati Seluma Minta Bantuan Fasilitas

Penyambutan PLT Direktur Pencatatan Sipil Dirjen Dukcapil dan Wagub Bengkulu

Seluma, kupasbengkulu.com Pemerintah Daerah Kabupaten Seluma melaksanakan launching perdana Kartu Identitas Anak (KIA) di gedung daerah Serasan Seijoan Senin (10/04/2017). Kabupaten Seluma mendapatkan penghargaan satu dari 50 Kabupaten Kota se-Indonesia yang melaunching KIA.
“Kabupaten Seluma mencapai target cakupan akte kelahiran yang mencapai 86,55 persen. Tercatat sebanyak 64090 anak di Seluma butuh identitas, kami harap dari kementerian dapat dibantu fasilitas sebab jarak tempuh dibeberapa kecamatan cukup jauh,” kata Bupati Seluma Bundra Jaya dalam sambutannya.
Dia mengatakan, selama ini petugas dari dinas Kependudukan dan catatan Sipil (Dukcapil) Seluma terus berupaya melakukan pendataan hingga membawa mobil keliling ke kecamatan terutama daerah yang sulit dijangkau oleh masyarakat. Sisi lain terdapat banyak Kendala di lapangan, sehingga diperlukan nya bantuan dari kementerian.
“Setidaknya nanti bisa disampaikan ke pihak Kementerian,”sambungnya.
PLT Direktur Pencatatan Sipil Dirjen Dukcapil Kemendagri Ani Sulistiani menyatakan, Kabupaten Seluma meraih penghargaan dari kementerian untuk melaunching KIA karena telah mencapai cakupan target pendapatan akte kelahiran. Di Provinsi Bengkulu launching KIA hanya dilakukan di kabupaten Seluma.
“Jika seluruh anak memiliki kartu identitas, akan mendorong cakupan akte kelahiran dan KTP elektronik kedua orang tua anak. Ini diperlukan kerjasama antara OPD terkait dan perangkat desa disetiap wilayah,”terangnya.
Menurutnya, selain diperlukannya sosialisasi KIA juga diperlukan sosialisasi kartu identitas​ kematian. Hal itu perlu dilakukan guna mengantisipasi terjadinya ketidakseimbangan suara pemilih tetap dalam pemilihan kepala daerah (Pilkada).
“Akibatnya orang yang sudah meninggal terpaksa memilih karena namanya tercantum dalam daftar pemilih. Sekarang Pilkada yang dekat ini kota Bengkulu coba diterapkan ini mudah-mudahan dapat terlaksana dengan baik,”ujarnya.
Acara launching ini dibuka oleh Wakil Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah, turut hadir Wakil Bupati Seluma Suparto, Sekda Seluma Irihadi, Wakil Bupati Kepahiang Netti Herawati, Waka Polres Seluma Kompol Frangky Leo, Kasdim 0425 Mayor Inf Usman, Kadis Dukcapil Se-provinsi Bengkulu dan seluruh kepala OPD Kabupaten Seluma.
Dalam launching ini, sebanyak 200 KIA diberikan kepada sejumlah anak TK, Paud dan SD di Kabupaten Seluma.(sep)

example banner









Tidak ada kometar

Leave a Reply