Masuk Wilayah Konservasi, Objek Wisata Cemoro Sewu Tetap Dikelola

Objek wisata cemoro Sewu Kabupaten Seluma

Seluma, kupasbengkulu.com – Meskipun masuk dalam kawasan konservasi, objek wisata wahana air cemoro Sewu yang terletak di pantai Kungkai desa kungkai Baru Kecamatan air Periukan Kabupaten Seluma tetap dikelola oleh pemerintah desa setempat.
Objek wisata air yang dibuka setiap hari Sabtu dan Minggu tersebut sebelumnya telah di launching oleh Wakil Bupati Seluma Suparto.
“Iya memang benar masuk wilayah konservasi. Saya sudah koordinasi ke BKSDA dan di perbolehkan untuk dikelola asalkan tidak mendirikan bangunan permanen,”kata Kepala Desa Kungkai Baru Mahmudi dihubungi Kamis (04/05/2017).
Menurutnya, akan diusulkan lahan seluas 3 hektare untuk dikelola sebagai tempat turunan perahu karet, kemudian juga diusulkan merubah wilayah konservasi menjadi kawasan Taman Wisata Alam (TWA) agar lokasi wisata dapat dimanfaatkan dengan baik dan tanpa kendala.
“Objek wisata ini dibuka setiap Minggu dan hari libur, ada pengelolanya yang kemudian masuk ke khas desa,”jelas dia.
Berdasarkan surat dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Dirjen Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem BKSDA Bengkulu, lokasi obyek wisata yang dikelola oleh pemerintah Desa Kungkai Baru, Kecamatan Air Periukan, Kabupaten Seluma, masuk kawasan cagar alam Pasar Ngalam, register 82  dengan luas kawasan 256 hektar.
Jarak lokasi wisata dari jalan lintas provinsi kurang lebih 17 KM dengan memakan waktu satu jam perjalanan. Objek wisata ini memanfaatkan muara sungai Kungkai dengan menggunakan perahu karet dan baju Arung jeram. Selain memanfaatkan wisata wahana air juga tersedia makanan‚Äč dan minuman dikawasan objek wisata ini.(sep)

Tidak ada kometar

Leave a Reply