Muara Dangkal, Nelayan Pasar Seluma Mangkal di Pulau Baai

Muara air Maras SAM Kabupaten Seluma

Seluma, kupasbengkulu.com – Pejabat Sementara (Pjs) Kepala Desa Pasar Seluma Kecamatan Seluma Selatan Zainal Abidin mengatakan, sejak sepekan terakhir ini puluhan nelayan tradisional di daerah ini terpaksa melaut dari pelabuhan Pulau Baai Kota Bengkulu. Penyebabnya karena terjadi sedimentasi atau pendangkalan di mulut muara sungai air Seluma.
Hal itu menyebabkan sulitnya perahu nelayan untuk mendarat ke pangkalan.
“Terhitung sejak awal bulan puasa. Dari 15 perahu hanya satu yang Kembali ke muara, sisanya dilarikan ke pelabuhan Pulau Baai karena terjadi pendangkalan yang menyebabkan perahu tidak dapat masuk,”kata dia Kamis (01/06).
Menurutnya, pendangkalan terjadi akibat bergesernya mulut muara sungai air Seluma karena abrasi yang berkepanjangan. Selain itu juga kata dia, rusaknya kawasan konservasi menjadi pemicu terjadinya abrasi di pesisir pantai daerah itu.
“Sudah sepekan ini kami tidak makan ikan dari hasil laut sendiri. Kalau pun ada itupun beli dari kota Bengkulu,”jelasnya.
Kata dia, sebanyak 1128 jiwa dari 315 Kepala Keluarga (KK) penduduk desa pasar Seluma 35 persen diantaranya berprofesi sebagai nelayan. Sedangkan sisanya berprofesi sebagai petani dan buruh perkebunan.(sep)

example banner









Tidak ada kometar

Leave a Reply