Tim Relawan Nusantara Sehat Tinggalkan “Warisan” Jamban Sehat di Pulau Enggano

Kota Bengkulu,Kupasbengkulu.com – Sebanyak delapan orang yang tergabung dalam program Nusantara Sehat di Pulau Enggano akan segera meninggalkan pulau yang berada di samudera Hindia lantaran waktu pengabdian mereka akan segera berakhir.

Ini dikatakan oleh salah seorang relawan yang berasal dari Provinsi Bengkulu, Elza Puspita Sari Jum’at (31/03/2017) jika masa mengabdi yang telah dilakukan oleh tim relawan nusantara sehat telah berjalan selama 2 tahun terhitung sejak tanggal 01 Mei 2015 dan berakhir 30 April 2017, dari pengabdian yang dilakukan oleh tim relawan Nusantara Sehat telah banyak memberikan pencerahan terhadap pola hidup masyarkat di Pulau Enggano, salah satunya diadakanya Arisan Jamban di desa Banjarsari Pulau Enggano dengan jumlah Kepala Keluarga sebanyak 30 KK, yang saat ini telah meluas hingga ke tiga dusun yang termasuk dalam wilayah desa Banjarsari, serta dikemukakan oleh Elza jika dalam waktu dekat ini nantinya akan merambat ke desa Meok, ini menandakan bahwa program arisan jamban dapat diterima oleh masyarakat Enggano.

“Kita pada April mendatang akan selesai di Enggano dan akan pulang kembali ke wilayah masing – masing, program arisan jamban yang kita galakan juga sudah menjadi pedoman masyarakat untuk memulai hidup yang sehat tentunya, ini berlanjut ,” kata Elza.

Kemudian Elza juga menuturkan bahwa selain arisan jamban yang sebelumnya menjadi program terdepan bagi mengubah pola hidup masyarakat Enggano yang sehat, tim relawan enggano juga dalam waktu dekat akan melakukan kegiatan sosial lainya seperti melakukan bantuan pemenuhan alat tulis bagi para siswa yang kurang mampu serta juga diuatarakan oleh Elza bahwa juga akan diadakan sunat masal secara gratis serta pemasangan implan, sunat masal program yang dibuat oleh tim relawan enggano ini merupakan sebuah program penutup mereka sebelum meninggalkan Pulau Enggano, namun Elza juga menuturkan bahwa guna menjalankan program ini, pihaknya masih terkendala persoalan dana yang dirasa cukup besar.

“Saat ini kita tengah menyiapkan beberapa program penutup yakni sunatan masal pemasangan Implan dan memberikan bantuan alat tulis kepada anak – anak yang ada di enggano,”ujarnya.

Namun meski demikian dijelaskan lagi oleh Elza bahwa meski masa pengabdian mereka akan berakhir dalam waktu dekat, akan ada tim relawan Nusantara Sehat yang akan mengemban tugas yang telah lebih dahulu dijalankan mereka.

“Akan ada yang baru nantinya untuk meneruskan ini semua,”ujarnya.

Untuk diketahui juga Delapan relawan yang berasal dari lulusan perguruan tinggi Ilmu kesehatan dan kedokteran se Indonesia merasa prihatin dengan masyarakat Pulau Enggano mengabdi di daerah itu. Kedelapan relawan itu berasal dari seluruh Indonesia menjadikan Enggano sebagai desa binaan. Relawan Nusantara Sehat merupakan program Kementerian Kesehatan melibatkan puluhan pemuda yang berasal dari seluruh Indonesia program tahun 2016. Tim relawan ini tidak saja bekerja membantu masyarakat di bidang kesehatan namun juga bidang pendidikan.(nvd)

Tidak ada kometar

Leave a Reply