Tahun 2016, Nelayan Seluma Hasilkan 37 751 Ton Produksi Ikan

TPI SAM Seluma
Seluma, kupasbengkulu.com – Berdasarkan Laporan keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Bupati Seluma tahun anggaran 2016, perolehan jumlah produksi ikan sebanyak 37 751 ton atau 148 persen dari target daerah yaitu 25 000 ton dengan jumlah konsumsi ikan masyarakat sebesar 2 040 000 Kilo Gram.
Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Seluma Ezaili Hambali mengatakan, jumlah nelayan Kabupaten Seluma tiga hingga empat ribu yang terdiri dari enam koprasi nelayan dengan satu koprasi terdiri dari tiga hingga enam Kelompok Usaha Bersama (KUB).
“Nelayan kita menyebar di tiga kecamatan, yaitu Kecamatan Ilir Talo, Seluma Selatan dan Semidang Alas Maras, ada juga Nelayan sampingan,” jelasnya.
Dari ribuan nelayan yang ada 1600 diantaranya telah memiliki kartu nelayan. Sedangkan sisanya masih ditunggu agar segera diurus agar seluruhnya memiliki kartu nelayan.
“Jika belum memiliki kartu nelayan segera datang ke kantor nanti kami urus untuk pembuatan,”sambungnya.
Kata dia, Nelayan kabupaten Seluma mendapatkan bantuan kapal dari Kementerian​ sebanyak 106 perahu. Namun pembagian kapal ini akan dilakukan secara bertahap sesuai hasil verifikasi koprasi penerima dan kesiapan pihak ketiga yang membuat perahu.
“Bulan April ini rencananya kembali akan dibagikan 10 unit perahu lagi beserta mesin dan alat tangkap,” tandasnya.(sep)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Compare