Tidak Ada Stok Pangan di Seluma

Kasi Distribusi dan Kerawanan Pangan DKP Seluma
Seluma, kupasbengkulu.com Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Seluma mengakui, hingga saat ini belum ada ketersediaan stok pangan untuk Kabupaten Seluma. Hal ini terjadi karena belum adanya anggaran untuk membeli hasil pertanian petani lokal kabupaten ini.
“Kabupaten Seluma belum ada cadangan pangan, baru ada gedung yang dibangun tahun 2016 dengan kapasitas 100 ton,”kata Kasi Distribusi Kerawanan Pangan Bidang Pangan Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Seluma Arwan T Rabu (12/04/2017).
Menurutnya, gedung ketahanan pangan harusnya dikelola oleh UPTD sehingga dapat mengendalikan pangan lokal yang dihasilkan oleh petani‚Äč kabupaten ini. Sehingga cadangan pangan tidak hanya ada di petani dan tengkulak.
“Sudah pernah diusulkan anggaran untuk membeli stok ketersediaan pangan, namun belum disetujui,”sampainya.
Sejauh ini tambah dia, cadangan pangan hanya ada di petani yang disimpan di tengkiang, selain itu juga terdapat cadangan pangan di Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan).
“Kita belum ada data berapa kebutuhan pangan skala kabupaten, yang jelas dibutuhkan anggaran untuk menampung pangan di gudang daerah,”harapnya.
Dia menyebutkan, gudang ketahanan pangan bukan hanya untuk kantor dinas ketahanan pangan, melainkan juga tanggungjawab dinas pertanian, Dinsos, Disperindagkop dan Bagian Ekonomi.(sep)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Compare