Warga Desa Semidang Protes Mobnas Puskesling Di Bawa Pulang

Mobil Dinas Puskesmas Keliling Kabupaten Benteng

Mobil Dinas Puskesmas Keliling Kabupaten Benteng

Bengkulu Tengah,Kupasbengkulu.com – Kepala Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Karang Nanding,Kecamatan Karang Tinggi,Kabupaten Bengkulu Tengah,  Meki Riswandi  menuai aksi protes masyarakat. Pasalnya, mobil dinas (mobnas) Pukesmas Keliling (Pusling) yang sejatinya diperuntukan bagi masyarakat tak pernah menetap di Puskesmas tersebut.

Sejak menjabat sekitar 6 (bulan) selaku Kepala Puskesmas (Kapus), Meki selalu membawa pulang Mobnas tersebut dan menggunakan kendaraan tersebut layaknya seperti kendaraan pribadi miliknya. Geram melihat hal tersebut, para perangkat desa dan warga sekitar pun mulai bergejolak dan mengungkapkan aksi protes.

Warga hanya meminta agar Kepala Puskesmas berbesar hati dan menempatkan Mobnas Puskesling tersebut di Puskesmas sehingga siap untuk melayani masyarakat yang membutuhkan pertolongan medis, terutama dalam keadaan darurat dan mendesak. “Tak bisa dipungkiri, selama ini Mobnas Puskesling memang tak pernah tinggal di desa. Mobil tersebut selalu dibawa pulang oleh Kepala Puskesmas sebagai kendaraan operasionalnya.

Kami hanya ingin agar kendaraan ber-plat merah tersebut disiagakan untuk melayani masyarakat yang sewaktu-waktu membutuhkan pertolongan medis,” kata Jumli, Kepala Dusun (Kadun) I Desa Semidang .

Menurut Jumli, akibat tak tersedianya mobil puskesling tersebut, warga terpaksa menggunakan kendaraan pribadi milik warga setempat jika ada warga yang membutuhkan pertolongan diluar jam kerja para pegawai negeri sipil (PNS).”Tegasnya.

Selanjutnya Kepala Desa Semidang, Hamdani demi untuk menyelamatkan warga yang mengalami sakit pada malam hari. Jika ada Mobnas Puskesling, kami yakin pertolongan pertama bisa lebih dimaksimalkan,” tambahnya.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan,Kabupaten Bengkulu Tengah,Dahril Mukminin,Mengatakan pihaknya tidak masalahkan kendaraan Mobil Dinas Puskesmas di bawa pulang oleh Kepala Puskesmas Desa Semidang tersebut,malahan kadis kesehatan justru terkesan membela dengan alasan bawa kepala puskesmas dan stafnya tinggal di kota dan itu hal yang wajar saja dan tidak masalahkan,” Tambahnya. ( adk )

Tidak ada kometar

Leave a Reply